[Sharing] Jenis-Jenis Proposal oleh Avira Winata

Proposal adalah suatu bentuk pengajuan atau permohonan, penawaran baik berupa ide, gagasan, pemikiran, maupun rencana kepada pihak lain untuk mendapatkan dukungan ijin, persetujuan, dana, dan lain sebagainya (Hariwijaya, 2005:12-13).

Kata proposal sendiri berasal dari bahasa Inggris “to propose” yang artinya mengajukan. Sedang dalam KBBI proposal berarti rencana yang dituangkan dalam bentuk rancangan kerja.

Proposal sebagai bentuk pengajuan mengambil bagian yang sangat penting dalam keberhasilan sebuah proyek atau kegiatan yang akan dilakukan. Untuk itulah, maka kita harus bisa menuangkan ide dan gagasan kita sebaik-baiknya dalam proposal ini agar pihak yang akan kita ajak kerjasama tertarik untuk ambil bagian dalam kegiatan yang diajukan.

Secara umum proposal.dapat dibedakan menjadi 4 jenis:
1. Proposal bisnis. Sesuai dengan namanya, proposal ini berkaitan dengan usaha seseorang atau suatu kelompok. Contohnya adalah proposal pendirian usaha atau proposal kerjasama antar dua perusahaan.
2. Proposal proyek, mengacu pada dunia kerja, berisikan serangkaian rencana dalam sektor bisnis atau komersil. Contohnya, proposal proyek perumahan.
3. Proposal penelitian. Merupakan pengajuan kegiatan penelitian. Sering digunakan dalam kegiatan akademisi seperti penelitian untuk pembuatan skripsi, tesis, dsb.
4. Proposal kegiatan/ event adalah pengajuan rencana sebuah kegiatan yang dilakukan oleh satu individu atau kelompok. Contohnya adalah proposal kegiatan 17 Agustusan.

Sistematika Penulisan

Berikut contoh sistmatika penulisan sebuah proposal kegiatan (secara ini yg sering kita pakai)

1. Pendahuluan
Berisi tentang hal dan kondisi umum yang melatarbelakangi dilaksanakan kegiatan

2. Dasar Pemikiran
Berisi tentang dasar yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan.

3. Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai dalam kegiatan tersebut ( umum dan khusus)

4. Tema
Tema yang diangkat dalam kegiatan tersebut

5. Jenis Kegiatan
Sekaligus digunakan untuk menjelaskan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan.

6. Target
Berisi uraian ukuran yang digunakan sebagai penilaian tercapai atau tidaknya tujuan

7. Sasaran/Peserta
Menjelaskan tentang objek atau siapa yang akan mengikuti kegiatan tersebut.
8. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Tentukan dimana, hari, tanggal, bulan, tahun serta pukul berapa akan dilaksanakan kegiatan tersebut.

9. Anggaran Dana
Biasanya hanya disebutkan jumlah perkiraan pemasukan dan pengeluaran.  Rinciannya ada dalam lampiran proposal.

10. Susunan Panitia. Ditulis secara garis besar. Kepanitiaan lengkap ada dalam lampiran.

11. Jadwal Kegiatan
Dibuat sesuai dengan perencanaan lengkap dengan kalender Kegiatan

12. Penutup
Berisi harapan yang ingin dicapai, lembar pengesah proposal

13. lampiran

Isi dan sistematika penulisan proposal dapat dimodifikasi sesuai dengan tujuan proposal itu sendiri. Contoh untuk proposal yang bertujuan mencari sponsor maka dapat dimasukan penawaran sponsorship. Atau proposal usaha/ bisnis dapat memasukkan profil perusahaan, struktur organisasi, produk perusahaan, target pasar, dll.

Dalam membuat proposal dibutuhkan kemampuan mengelola bahasa dalam menyampaikan maksud dan tujuan agar si pembaca paham dan usulan tersebut diterima. Beberapa pihak bahkan mulai memakai tenaga-tenaga ahli yang memahami benar bagaimana cara membuat proposal yang bagus.

Menulis sebuah proposal apalagi yang bertujuan mendapatkan pendanaan dari donor tidak hanya ditentukan pada metodologi atau pendekatan.
Beberapa hal yang patut diperhatikan  diataranya adalah relevansi, urgensi mengapa perlu didanai, apakah memiliki sumber daya yang memadai untuk melaksanakan rencana kegiatan yang disampaikan dalam proposal.

Tata organisasi yang baik serta pengalaman dalam mengelola kegiatan lainnya merupakan salah satu unsur yang bisa dimasukkan ke dalam proposal sebagai jaminan bagi pihak calon pendana bahwa kegiatan akan berjalan lancar.

2 comments

  1. mantap penjelasannya sangat detail tapi ada pertanyaan nih boss..dari ke 4 jenis proposal tersebut terbagi bagi lagi jenisnya..jadi kalau bisa share lagi donk jenis jenis proposal dari masing masing bagian propopsal tersebut
    salam………

Leave a comment